Sejarah Kangean

25 02 2009

Mungkin sampai sekarang belon ada buku yang bercerita tentang sejarah kangean, saya sendiri masih penasaran nama kangean itu berasal dari mana, di sekolah-sekolah pun belon ada pelajaran muatan lokal tentang sejarah kangean. tapi kemarin saya mendengar sedikit cerita tentang kangean meski kebenarannya belum di teliti:

menurut cerita dahulu kala di kangean dan daerah-daerah sekitarnya itu adalah tempat para perompak, bajak laut dan preman-preman. karena para penjahat ini sering mengganggu para pedagang dan pelaut dari kerajaan sumenep, maka pangeran Ariya Jasa mengirimkan pasukan ke kangean untuk menumpas para penjahat itu, setelah mengalami kesuksesan (menang) maka didirikanlah pusat pemerintahan di kangean dan diberi nama Arjasa yang sekarang menjadi kecamatan di kangean. sedikit informasi saat penggalian untuk brangkas Bank Jatim di kangean banyak ditemukan batu-batu peninggalan tempo dulu, menurut cerita bahwa di tempat Bank Jatim kangean sekarang berdiri adalah tempat kandang kuda dari pasukan pangeran Ariya Jasa.

demikian sedikit cerita tentang kangean, jika ada yang bisa bercerita lebih banyak mohon bantuannya agar generasi muda tau sejarah kangean.

About these ads

Aksi

Information

69 responses

24 03 2009
parman

aku paling suka sama paesna bu’-bu’,,,,,,,dan moga-moga makanan has kangean ini tidak akan pernah punah…………..hidup pasna bu’-bu’. kangean getar. abit ta’ atemmu ka oreng kangean kawan.

25 03 2009
scouteng

ajelanan geng mon tero atemua.. kon sekali-sekali mabede festifal makanan tradisional di kangean, mek mamma deddina

12 01 2011
uChieyosiigama

bHeeee ma’ ribut2 tentang kangean kuuuuuuuuuu?????

apa beeeee???????????//////

27 03 2009
moet

emang bs ketemu orang kangean dmn????????

17 08 2012
fieya shofiana

ckna cpa,,,,manggun bde koq

29 09 2012
ANIP

i love you

2 04 2009
ovie

paesna bu’-bu’ emang makanan traditional yg ajib!!!
tpi sekarang2 ini ko agak berkurang ya orang yg bikin paesna bu’-bu’,,,
yah,,,smoga ajah makanan khas kita ini ga punah,,,

7 04 2009
nyakdong

menurut cerita dari obek aku gini, dengerin ya…!
karena dahulu sebelum berpenghuni di kepaulauan kangean itu sering dijadikan tempat aksi kejahatan oleh para bajak laut. dikarenakan penjahat ini sangat mengganggu pelayaran di daerah tersebut maka diutuslah para petinggi kerajaan yang utusan tersebut di ambil dari lima kerajaan, diantaranya dari utusan kerajaan madura sendiri, utusan kerajaan majapahit (Jawa), utusan kerajaan sulawesi, utsan kerajaan kalimantan, dan utusan dari kerjaan sumatra. diantara yang lima ada yang dari keturunan kiai. makanya bahasa yang di gunakan dikangean itu mirip dengan bahasa kelima daerah itu, meskipun sebenarnya kangean itu masih termasuk madura. tempat yang dipilih oleh kelima utusan untuk dijadikan tempat tinggal yaitu desa yang sekarang bernama desa arjasa kampung kettep tepatnya….dikediaman KH. NURUL HUDA ADHIM sekarang yang dijadikan pondok pesantren alhidayah. Disanalah kelima utusan tersebut bermukim. beberapa tahun kemudian berkembanglah keturunan mereka, dimana para keturunannya ada yang tinggal di berakna dhelem dan di dhejena masjid jamik. dsb. nama dari desa arjasa sendiri di ambil dari keturunan para ARJE yaitu ketrunan kiai raje dan kampung kettep sendiri diambil dari sifatnya orang-orang disitu yang selalu tarteb.

30 12 2009
Oji

Moncakna mak toa molae lambek oreng kangean rea royal2 sampek kene ka kompoi2na.

29 05 2013
endincell

wkwkwkwk bisaaa rea boos,, , mintak dongeng polek boos ka OBEK na rea mek bede he laen mak olle hajen bisaaa hehehe

3 05 2009
cellong labbuan berro

KON MON BEDE CEWEK KANGEAN MAK AKENNALAN, APANA POLEK CEWEK CELLONG TERRO EKAGEBEYA BEKALAN HEHEHEHEH email ka ( har_922@yahoo.co.uk)

16 02 2010
ANWARcell

bede cwok hangkeng celong berak.SUMBA

29 05 2013
endincell

mara cowok2 rea harobenala hehe

11 06 2009
SIKOPAT

MENURUT EMBAH-EMAH SAYA KANGEAN ITU BERASAL DARI DESA KANGAYAN YANG PRTAMA KALI ORANG SUMENEP KEKANGEAN ITU MELALUI SUNGAI SEMUNGET DAN SUNGAI ITU MUNGKIN TERPANJANG DIPULAU KANGEAN KALAU SAYA TERUSURI DISINILAH BELIAW-BELIAW TINGGAL KEMUDIN BELIAW MELAKUAKAN PERJALAN KE ARJASA DAN DIA LEBIH KERASAN MUNGKIN KARNA SRTAEGIS ATAU DITENGAH2 KEPULAWAN KANGEAN

16 06 2009
muklis

mamma geng kaberena kabbi?
klirlah permasalanna rea, ben mamma madingna rea
jek perogram tok mari kita berjuang untuk kepulawan kita oke
(opsisi orang gila)

21 12 2009
uchi

iya memang pastel bu’-bu’ rea nyaman
TPE kEnI jarAnG nGakan PoLana ………?????

ORENG kAngean , , , , ,,,
mamma Kpl na maK DumiK,,,,,,,
mara mak unjuk rasa aka apama raenta
kapalna soro ObEI, , ,, , ,,

setuju ,,,,,,,,,
HrUZ SEtujU CZ DemI kEBAikan beRSama……

Ok Ok oK Ok Ok….
^ _ ^

29 09 2012
ANIP

OKELA PATEK

23 12 2009
ilung

menrut aq kangean rea sangat2 makmur dan pulaw paling kaya akan trdisi jd rugi klo ga’ cb dtg ….

29 09 2012
ANIP

lanyap

2 01 2010
iyan

keta,,,,,,, paleng seneng mun bede kokocoran. polana tadek di daerah laennnn,

29 09 2012
ANIP

possak edaerah laen derea

19 09 2013
risfi

sear ka jukok gerrrena oreng kangean

9 01 2010
Philippe Grangé

Pembaca yang budiman, ada yang pernah dengar saksian dari kakek/nenek tentang masa perang II di Kangean dan di perairan sekitarnya ? Misalnya tentang
- 4 Februari 1942 : pertempuran di laut Jepang lawan Amerika & sekutu
- 29 Nopember 1943 : pembunuhan masal tahanan perang oleh tentara Jepang, setelah kapal yang memuat tahanan tsb terkena torpedo
- Kegiatan dan perilaku tentara Jepang di daratan Kangean ?
- Adakah kerja paksa ? Pemberian wajib pangan / ikan kepada tentara Jepang ?
- Kegiatan dan perilaku tentara sekutu di daratan Kangean ?
Dari Philippe, yang sedang menyusun makalah ttg sejarah kepulauan Kangean.
philippe.grange(at)univ-lr.fr
terima kasih

3 03 2011
Ekna Satriyati

Hi Phillippe,
Saya Ekna mhs Phd (antropologi) UGM juga sedang penelitian untuk disertasi tentang Kampung Kangean. Mari kita diskusi tentang Kepulauan Kangean by email. Kalo boleh minta alamat emailnya. Terimakasih.

3 03 2011
Philippe Grangé

Mbak Ekna Satriyati, alamat e-mail saya adalah pgrange@univ-lr.fr
Salam
Philippe Grangé
Université de La Rochelle, France

21 01 2010
HERMAN

hai….paraben2 kangean…mammala kaberna…..akenalan oiy…….081277028667 jek sampek loppa yok di call………….

27 02 2010
anwarcell

kangean kangen…………..

19 03 2010
samsuri1983

hai org kngean se bede e malaysia ,mara ma akerja ben samsuri dari gelaman..tmpt krj d bkit bntg no hp 0169931440 /email samsuri1983@hotmail.com

10 06 2010
samid S.Pd

Menurut alur cerita sejarah kangean itu adalah pulau yang tak berpenguni, ahirnya sama penjajah di jadikan tempat buangan para tawanan2 sehingga kan bisa kita liat sekarang dengan berbagai macam suku adat campur jadi satu di kangean, coba aja antara orang kalisangka dengan orang duko dengan orang sambakati beda dalam logat dan penyebutan sesuatu. nah dari itu lah para teman2 kangean budaya2 yang ada perlu kita lestarikan contoh: lodrok, kokocoran, mancak, lombe, dll kalau ngak kita siapa lagi. jangan2 lupa teman taretan pade kangeanna kalau anda pas ada di BANDARA INTERNASIONAL JUANDA mampir ke rumah kami. terims samidumma juanda/kangean_agen_multi_sukses_juanda/081 252 25 880

13 06 2010
siluman

kalo discuss about kangean nie gue jdi homesick sekaligus sedih rek. mengapa demikian? di balik keindahan dan kenaturalan pulau kangean ternyata ada sisi lain yang begitu menyedihkan. kita liat saja hutan yang ada di pulau kita tercinta” kangean” semuax hampir habis. ni yang bkin gue prihatin banget. kesadaran masyarakt kita masih terlalu minim akn pentingx hutan bagi kehiduapan. makanya konco2 sedoyo monggo d pikirkan tu pulau kangean bagaimana ke depannya nnti. lo soal sejarah kangean kayaknya mirip sih dengan apa yang di sampaikan dosen unej dulu. jd gue ga tellu bnyak comment lah thank you

13 06 2010
siluman

bgi yang doyan paesna bu’bu’dtang ja ke rumah gue di sawah sumur. persediaaan terbatas hahahahahahahahahahahahahahh

25 10 2010
2 01 2011
oi mangong-mangong

kronik historis yg dipaparkan membuat pola pikir saya dangkal

2 01 2011
Philippe

Izinkan saya menyumbang sedikit tentang sejarah kepulauan Kangean. Kebetulan, kami dkk. pernah mengunjungi kepulauan Kangean, khususnya Arjasa dan Sapeken, dalam rangka sebuah program penelitian (2002-2004). Saya seorang dosen linguistik dan sastra di Universitas La Rochelle (Prancis), dan belakangan ini saya sempat bedah buku sedikit tentang sejarah Kangean. Sayangnya keterangan yang saya peroleh sedikit sekali. Semoga menarik juga bagi penduduk dan pencinta kepulauan Kangean.

Raja Sumenep yang pertama (?), Arya Wiraja naik tahta tahun 1269. Hanya itu yang bisa dipastikan. Menurut tradisi lisan, beliau ikut melawan penjajah dari Cina. Pada Januari 1293, Kubilai Khan memang mengerakkan ekspedisi bersenjata melawan pulau Jawa, dengan sekitar 30.000 prajurit Mongol. Penguasa Jawa berhasil mengusir mereka dari pulau Jawa pada bulan April 1293. Konon, meskipun orang Mongol itu gagal menguasai Jawa, mereka membawa pulang harta yang mereka sikat. Banyak juga prajurit Mongol yang membelot dan tinggal di Jawa, dan sudah lama membaur dengan pribumi.

Konon, nama desa Arjasa berasal dari nama raja Arya Wiraja, seperti sudah dipaparkan oleh beberapa anggota kangean.wordpress.com. Perubahan fonematik dari kata « Aryawiraja » yang menjadi « Arjasa » memang kurang jelas. Dugaan saya, berasal dari bahasa sanskrita ‘Rajasa’ yang memang tampil sebagai kata dasar nama berbagai Raja, dalam cerita Nagarakertagama dan Pararaton. Antara lain : Rajasanagara, Rajasawardhana dan Wijayarajasa. Mungkin saja dahulukala raja Sumenep itu disebut juga « Arya Wirajasa », sehingga dipersingkat menjadi « Rajasa » (yang memang berarti “Sang Raja”), lantas kata itu mengalami metatesis (perubahan tempat fonem) jadi Arjasa. Atau dari « Arya(wira)jasa » menjadai « Aryajasa » kemudian « Arjasa ». Ini hanya dugaan saya.

29 03 2011
wilda cihuyyyyy

kangean memang pulau tercinta qt… iya krna dsanalah kita lahir…. seperti kata pepatah yang serimg kita dengar…. seindah indahnya kota orang tp tetap tanah kelahiranlah yang paling indah….
hanya melihat dari banyak realita saja orang kangean memang sangat tanggap dalam hal perkembangan, mereka mengikuti jalannya moderenisasi dunia. tp mereka hanya kenal asal gaul saja,asal ngtren, tanpa memikirkan nasib bumi kangean yang smakin terkikis dengan budaya yang di anggap baik menghapus sedikit demi sedikit budaya asli yang ad kangean,,,,,, dan itu terus terjadi untuk generasi yang selanjutnya….. bahkan mereka mungkin tidak mengetahui budaya di kangean kalo ada wawancara untuk orang kangean tentang budayanya,

tidakkah kalian sadar bagaimnan keadaan kangeang yang sering kalian bangga banggakan tanpa ada tindakan dri penghuninya untuk merubahnya lebih baik lagi……..
80 % anak kangean adlah orang yang menjunjung tinggi pendidikan, mereka peduli dengan pendidikan tp kebanyakan dari mereka bercita2 menjadi org sukses dan ketika sukses mereka akn lupakan dan tinggalkan tanah kelahirannya untuk mengabdi di kota orang dan memajukannya ……
terus bagaimna dengan nasib kanggean ….? apkah akan terus menjadi pulau yang terpencil tnpa ada idntitas untuk di banggakan….!

19 11 2012
ryan/aryaningsejati

khangean bukan tempatnya untuk kita menjadi sukses klaopun ada yang sukses hanya satu atau dua padahal begitu banyak orang yang ingin sukses

8 08 2011
Eruul Fhat'z

pulau qu tecinta..

5 11 2011
Awi Safrawi

KAMMALA ORENG KANGEAN REA TEDUNG KABBHILA KAWAN

1 01 2012
Hedry Derli

iya mengan…..

29 09 2012
deki

kao kenal ka bak icha yok

6 11 2011
inab

ternyata marea yee pengan sejarahna ,q buro tao je marea ,hebat pengan yee

13 11 2011
Yubi wer

Apala kaber oreng kangean

8 12 2011
kangean serba gratis

Mon di kangean serba gratis…makan gratis,mandi gratis,,,semua gratis,,
tidak haram mon katemmo ka tolesan KENCING 500,MANDI 1000..
hal seperti itu tidak mungkin bisa di jumpai di daerah kangean baik di ke pulauan atau di desa terpencil..

12 12 2011
ananx

ea mareala kangean, lakar sosialna enna se epakaade’e.

19 11 2012
ryan/aryaningsejati

betul,,,,,,khangean bukan tepat orang miskin khangean ialah tempat orang kaya tempat untuk menghabiskan uwang karna apa,,,kita bekerja di luar neggri trus pulang ke khangean makan tidur itu aja/ mungkin kalu ada pabrik di khangean orang luar akan datang ke khangean tapi nyatanya gak ada kan,,,,,luar biasa karna khangean bukanlah tempat untuk bertungkus lumus untuk mencari rupiah khangean tempat orang yang ingin hidup sempurna dan tenang tapi klo orang yang punyak banyak uwang,,,,,,,,? tapi sayang sekali klo kita kaya juga harus berhati2 karna kenapa,,,,,,,?

10 12 2011
zaki

ternyata banyak juga temen2 kangean yang punya blog…..berrti bs sekalian tukarin link di http://blog.umy.ac.id/zaki

12 12 2011
ananx

hem.. kangean, kangean… emh, emh. searla ka kangean..

13 12 2011
henno barat pasar

PULAU KANGEAN
Pulau lain yang perlu disebut ialah pulau Kangean pulau ini juga sudah terkenal sejak Zaman Majapahit. Empu Prapanca dalam kitabnya Negara Kertagama menulis sebagai berikut :

Syair 15 ( 2 )
Kunang tekang nusa Madura tanami Iwir parapuri
Ir denya tunggal mwang Yawadharani rakwekana
Dengu ……………………….
Syair 14 ( 5 )

Ingkang sakanusa Makasar butun Bangawi
Kuning Ggaliyao mwang ing Salaya Sumba Solot
Muar ……………………………

Jadi Pulau Kangean pada Zaman Majapahit disebut Galiyao. Di pulau itu pada saat itu sudah ditempatkan seorang Adipati, semula tempat tersebit adalah pembuangan bagi orang orang yang mendapt hukuman berat dari Raja. Tetapi kerena tanahnya subur (sawah, ladang) dan banyaknya penghasilan yang didapat dari lautan (ikan) beserta hasil hutannya maka lambat laun pulau itu menjadi pusat perdagangan serta banyak orang dari Sumenep dan dari daerah lain yang menetap di Kangean.

23 12 2011
Arif

Aduh..crtx kangean mantap penganan..
..jd pgn plg nich. Sear ka kangean

23 12 2011
Asip

M3a kbrna kanca2 sawas…
.sear..dh lama ni d kaltim..m3a masjdna kolla mare la d bangun.

7 03 2012
Nurfawaidi

Marala kakangean hapa terro kakanan khas kangean diantranya kamboya,lemmengz,gogos, dll

29 09 2012
deki

ya okeeeee la keeeek

8 10 2012
INDY

MBAK ICA NA SAPA ETANYE E KAO MANYAK E KANGEAN NYAMANA ICA POLANA LUAS KANEAN GENG

27 04 2012
K2DC

Ada pemberitaan yg sedikit tidak mengenakkan….Lokalisasi Dolly akan segera di pindahkan ke pulau Kangean……………

8 10 2012
INDY

JEK MAREA JU GENG MARE MAK PAMAJUH KANGEAN

8 10 2012
fahmi fahrizal

kangean i love you full

22 11 2012
E2nx rojas

E2nx bang2a d3i org kngean . . Krn kngean kya akn buday n smga kngean sllu tntram n dmai

25 11 2012
Ades

Ciri khas budaya kangean, rumah pindah. Rumah bongkar pasang. Apa masih ada?

27 11 2012
E2nx rojas

Yc bdelc pgun , , ,

4 12 2012
icang

kalisangka getas

4 12 2012
icang

k4mm4 l’ oreng2 tedun l’

3 02 2013
Afandi and faiz

Changean island tnaga kerja indonesia, itulah changean…dan skrang ada jembatan ajaib loe di changean, pngin tw..? Pulang aja ke changean

11 03 2013
survival food list

Excellent beat ! I wish to apprentice at the same time as you amend your website, how
can i subscribe for a blog website? The account
helped me a applicable deal. I had been tiny bit acquainted of this your broadcast
provided shiny clear concept

22 03 2013
mohammad lamri

pulau kaengan itu pulau yang penduduk aslinya orang yang berkuping lebar dan panjang, pulau kangean memiliki dua kerajaan yang letaknya di desa gellaman dan jeandung dan memiliki gunung yang disebut gunung pekol-pekol yang kon katanya di pekol oleh budak yang di mana budak ini adalah mahluk halus setelah di tenga perjalanan kayu yang buat bawa gunung ini patah di perjalanan dimana kayu yang di gunakan yaitu pohon kelor, katanya kayu pohon kelor adalah kayu terkuat pada zamannya semenjak patah buat bawa gunung itu sampai sekarang kayu kelor itu jadi kayu yang muda rapu, gunung itu salah satu akses menuju gua kuning yang letaknya di desa kalikatak di mana desa tempat tinggalo saya.
nama : mohammad lamri mewakili keluarga dan kerabat
cerita ini dari orang terdahulu yang diceritakan jika pemudanya bertanya

19 06 2013
Philippe Grangé

Telah terbit : “Kepulauan Kangean – Penelitian terapan untuk pembangunan”
http://www.penerbitkpg.com/bukubaru/detil/901130690/Kepulauan-Kangean-Penelitian-Terapan-untuk-Pembangunan

7 09 2013
Stainless Steel sink

Hey! I just wanted to ask if you ever have any trouble with hackers?
My last blog (wordpress) wwas hacked and I ended up losing months
of hard work due to no data backup. Do you have any
methods to protect against hackers?

17 04 2014
Syauqi

Pulau ku tercinta! Saya rindu :D

29 04 2014
Zaki chaliesha, kgn.coy okeekan

Katax kae, sejarahx kangean it. .gine lho kawan ne yg sebenerx? Yg lain salah, .knpa pulau kangean d namakan kangean,it karna pulau it jika d lihat dari tengah laut.jika air besar .tdk kelihatan pulau.x. Makany dinamakan kata.x orang dulu. “polo ka aengan” dan it polo di jadikan tempat buang” ngan orang yg slalu menentang aturan” raja dri smenep. ,atau orang yg brutal” dan di buang ke kangean ea akherna .sanpek2 ke jaman skarang kan buktena orang kangean it keras” brutal atau slalu melanggar aturan” ,tpi walaupun nakal” tak arapa he penting tao NGAJI ye nak

29 04 2014
"syeckh zakariyah.zubaidi habibi" .chaliesha.c0m

Banggalah jadi orang KANGEAN ,arti dari pulau kangean:orang lain tdk pernah bisa menjadi orang kangean, tapi orang kangean slalu bisa menjadi orang lain.sesungguhx hidup di pulau atau daerah yg sempi.itu adalah orang” pilihan. Tuhan telah mengatur smua. Akan jalanx hdup yg yg berthap lambat tahun, hidup kangean. .merdeka ,dan saya berjanji atas nama “SYECKH ZAKARIYAH.ZUBAIDI HABIB”.KEtika saya sudah lulus kuliah saya dan sukses .saya akan pulang.dan menetap d kangean selama”nya sampai akhr nafas. Dmana saya di lahirkan di situ saya akan berbaring kembali kpd sang ilahi, ,akan kubuat maju kangean .dg ulahku yg perlahan.dg d lalu sudut ujung paling barat yaitu chalisangka tempat kampung saya dmana saya tinggal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: