Aksi..Aksi.. Haruskah sampai turun ke jalan..?

15 10 2008

Kangean, bebrapa hari setelah perayaan Idul Fitri, di jalan raya kangean terdapat hal berbeda yakni Demonstrasi yang dilakukan oleh Mahasiswa yang alhamdulullah banyak didukung oleh masyarakat. Aksi kali ini dilakukan mahasiswa kangean yang kuliah di pulau jawa, –bede ollena akulia jeo–.

Demonstrasi dilakukan oleh mahasiswa bersama masyarakat menuntut ketidak adilan yang dilakukan oleh pihak PT. PLN (Persero), selama beberapa hari setelah hari raya, nyala listrik di kangean tidak tentu, kadang sesudah magrib atau sebelum magrib, matinya pun demikian kadang sebelum subuh sudah dipadamkan, dalam keadaan normal listrik di pulau kangean seharusnya mulai menyala pada jam 17.00 dan padam 06.00.

Menurut penuturan beberapa masyarakat yang tidak dapat disebut namanya –karena emang gak tau namanya– kejadian seperti ini sudah sering terjadi, “hal ini aneh mengingat PLN merupakan instansi resmi pemerintah, kok nyala padam seenaknya, tergantung mood pegawainya” menurut salah satu peserta aksi.

Dikalangan masyarakat beredar isu –rahasia umum– bahwa kejadian ini disebabkan beberapa faktor, misalnya penjualan solar oleh oknum-oknum tertentu di PLN sehingga menyebabkan pasokan solar untuk listrik tiap bulannya kurang, kemudian adanya penambahan daya yang ilegal, sehingga penambahan daya itu tidak dibarengi dengan penambahan pasokan bahan bakar dari pihak yang berwenang. namun semua itu dibantah oleh pihak PLN, menurut pihak PLN pemadaman seenaknnya itu dilakukan semata-mata karena pasokan bahan bakar yang memang berkurang.

Adapun tuntutan para peserta aksi ada 4 antara lain (intinya semua menormalkan kembali seperti masa-masa beberapa tahun silam):

  1. Nyalakan listrik dari jam 17.00 dampai jam 06.00WIB
  2. Ditiadakan pemadaman bergilir apalagi pemadaman total
  3. Nyalakan listrik di hari minggu dari jam 08.00 – 13.00 WIB
  4. Perbaiki sistem Administrasi PLN yang amburadul..

Setelah melalui negosiasi yang tidak alot, akhirnya pihak PLN menandatangi isi tuntutan, dan berjanji sebisa mungkin menjalankannya, meski untuk sementara yang bisa dilaksanakan hanya tuntutan no 1 dan 2..

Cayo mahasiswa kangean, tunjukkan aksimu….


Aksi

Information

12 responses

21 10 2008
moet

SEMANGAT!!!!

23 10 2008
kangean

oke, semangat..

17 12 2008
nyak dong

Kalau masalah demo mendemo aku kurang begitu ngikutin, tapi kemarin aku sempat bicara langsung dengan ketua PLN di kangean. aku tanyain, kenapa penyalaan lampu di kangean tidak normal.
katanya si…, memang ada pengurangan pengiriman bahan bakar.
kita sudah pasti tau dong berita-berita di TV yang menayangkan krisis atau kelangkaan minyak dunia.
apalgi SDA yang satu ini tidak bisa diperbaharui, makanya banyak di berbagai pualau akan di adakan pengeboran baru.

17 12 2008
kangean

sama dunk kalo gitu, kalo masalah demo saya juga kurang paham, tapi tepep mendukung apapun yang dilakukan teman-teman untuk kebaikan kangean, tentunya dengan jalan dan cara kita yang mungkin berbeda.. berbeda-beda tapi tetap satu jua, satu jiwa untuk kangean..

24 03 2009
perman

buat para karyawan PLN……saya mohon agar tidak lagi terjadi pemadaman Listrik….kan sampean da tau kalau kangean itu PULAU………maka dari itu jangan pernah mengambil keuntungan dari sesuatu yang dapat menyebabkan terjadi DEMO MENDEMO……….?
bekerja sesuai dengan aturan yang ada………oke. Kami mohon jangan terjadi hal yang sedemikian lagi ya……………….hidup PLN.

25 03 2009
scouteng

hiduppp!

24 04 2009
alfianus noer

ayo semangat tmn2Q

25 05 2009
rahmad

kalau hanya utk demo megapa hrus kulia dulu ke jawa buang2 pessena reng toa, kanak . bisa bisa mahasiswa kangean yg tuksng demo unjuk gigi kale, aku yakin rekan2 yg kulia di jawa hanya u gaya2an untuk menunda pengangguran. nanti kalau da lu2s s1nya selamat ngokor lolrong kangean yek………………….. huaaaa haa haa huaaaaaa haaa haa……….

16 10 2009
del pieno

kalo nyala menurut mood pegawainya itu ga bener..aq anak kangean, bekerja di PLN UPJ Sumenep, untuk nyala lampu yang dikangean oleh APJ PAMEKASAN memang ditarget 11 jam, memang terjadi pemadaman bergilir, itu disebabkan oleh bahan bakar yang terlambat datang karena faktor cuaca (bukan dimanipulasi pihak PLN, bisa di cek datanya), dan juga sering terjadi kerusakan mesin, dan itupun harus mendatangkan orang dari luar untuk memperbaikinya (perbaikannya bukan 1 ato 2 hari dipotong lama tranportasi),itulah yang membuat nyala bergiliran.
kalo kalian pengen konfirmasi tentang PLN Kangean call me 081332447557

25 10 2010
tentang my island its kangean | Thayyibahaslamiyah's Blog

[…] Aksi..Aksi.. Haruskah sampai turun ke jalan..? […]

20 11 2010
handre kitano

jika kita cermati keberadaan pulau kangean dengan kenyataan dapat kita katakan bahwa pulau kangean menyimpan potensi keunggulan dan kelemahan yang khas, orang bilang tanah kita tanah surga,,tongkat kayu dan batu jadi tanaman,,kolamnya ja kolam susu, kail dan jala cukup menghidupimu, tiada badai tiada topan kau temui,, ikan dan udang menghampiri dirimu,, dengan sepenggal lagu yang pernah terdokumenkan,, kekayaannya ada pada maanusia dan alamnya….

23 06 2011
saleh angkatan

saya sepakat dengan apa yang di lakukan olet temen temen mahasiswa kangean yangn melakukan demo karena pagaawai dan kepala pt.pln persero itu akan ke anakan kalau di biarkan saya sangat menduukung sekali apabila dengan cara damai tidak di pedukikan kenapa tiadk dengan cara demo ia akan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: